Selasa, 15 Juni 2010

Kesehatan Mental 1

A. Pengertian Kesehatan Mental
Kesehatan mental atau hygiene mental berasal dari kata mental dan Hygeia. Hygiea adalah nama dewi kesehatan Yunani. Mental adalah jiwa / psiko / hati / suasana hati. Mental terbagi dua, yaitu mental yang sehat dan yang tidak sehat. Mental yang sehat apabila jiwa tidak tertekan, memiliki kepribadian yang tetap, bisa menggunakan potensi, jika hal ini tidak dimiliki maka mentalnya tidak sehat.
Kesehatan mental adalah ilmu yang menyeimbangkan jiwa manusia dan membebaskan manusia /insan dari gangguan jiwa dan kesulitan hidup. Kesehatan mental juga dapat dikatakan sebagai ilmu yang mempelajari mengenai kesehatan mental / jiwa manusia, agar manusia terbebas dari gangguan jiwa / suasana hati. Jadi objek kajian kesehatan mental adalah jiwa manusia.
Hati dalam bahasa Arab yaitu Qalbu yaitu berbolak balik. Dengan berbolak-baliknya kalbu, maka akan mengganggu suasana hati atau kesehatan hidupnya terganggu. Kalbu yang berbolak balik ini menyebabkan gangguan mood. Apabila terjadi gangguan mood, maka akan mengakibatkan pribadi yang tidak seimbang yang menimbulkan terganggunya Suasana hati atau kesehatan hidupnya terganggu.
Penyakit mental diakibatkan pribadi yang tidak seimbang dan juga jasmani yang tidak sehat, misalnya iri, dengki, dan lain-lain. Mental yang sehat tergantung juga dengan jasmani yang sehat, sehingga dapat bertindak secara efisiaen dan memiliki tujuan hidup. Jasmani yang sehat apabila mentalnya sehat pula, ditandai dengan punya cukup stamina, energy, dan laun-lain.
Mental yang seimbang apabila diri tanpa gangguan batin / hati yaitu: Memiliki tujuan hidup, dapat mencapai tujuan hidup, sehingga memiliki pribadi yang harmonis. Mental yang tidak seimbang apabila diri dengan gangguan batin /hati / suasana hati yaitu: Tidak memiliki tujuan hidup, tidak dapat mencapai tujuan hidup, sehingga tercipta pribadi yang tidak harmonis.



B. Fungsi Mempelajari Kesehatan Mental
Fungsi mempelajari kesehatan mental adalah:
1. Pencegahan
Pencegahan akan ketidakpuasan atau tidak terpenuhi segala kebutuhan. Pencegahan dilakukan agar terpenuhinya rasa cinta atau rasa sayang yang menimbulkan jiwa seseorang aman.
2. Perbaikan
Kesehatan mental berfungsi agar individu dapat menyesuaikan diri terhadap lingkungannya, akhirnya ia dapat diterima oleh lingkungannya maka akan timbul rasa aman pada diri individu tersebut.
3. Pengembangan
Kesehatan mental berfungsi untuk mengembangkan individu agar terhindar dari kecemasan, yang mana apabila kecemasan yang berlebihan itu akan menyebabkan gangguan jiwa. Sehingga apabila individu itu terhindar dari kecemasan-kecemasan, maka akan menimbulkan rasa aman.
C. Tujuan Kesehatan Mental
Tujuan mempelajari kesehatan mental adalah :
1. Menyehatkan jiwa
Tujuan mempelajari kesehatan mental yaitu menyehatkan kesehatan jiwa karena kita tahu dengan apa yang menyebabkan ganguan jiwa sehingga tercipta mental yang normal.
2. Mencegah hal-hal yang menyebabkan gangguan jiwa
3. Membina jiwa agar tidak terkena gangguan mental / jiwa, sehingga tercipta rasa aman, diterima dalam lingkungannya, dan lain-lain.

D. Normal Dan Abnormal
Normal VS Abnormal:
N

AB AB

N
1. Pengertian Normal Dan Abnormal
Normal merupakan pribadi orang yang aman.Normal adalah seimbang, serasi, terpenuhi. Yaitu seimbang jasmani dan rohaninya, serasi dengan lingkungan (kemampuan beradabtasi dengan lingkungannya), dan terpenuhinya kebutuhan. Abnormal yaitu kebalikan dari normal. Yaitu tidak seimbangnya jasmani dan rohaninya, tidak serasi dengan lingkungannya, dan terpenuhinya kebutuhan.
2. Pribadi Yang Normal Dan Abnormal
Normal adalah kezaliman, bisa diterima oleh orang banyak.
Pribadi yang normal yaitu sikap yang sesuai dengan hukum / norma / aturan yang berlaku, dapat diterima oleh kebanyakan. Dengan diterimanya oleh kebanyakan orang maka akan timbul rasa puas yang di wujudkan dengan bersyukur.Pribadi yang abnormal yaitu segala yang keluar dari sikap dan pribadi yang normal.
Normal dalam kesehatan mental: Normal adalah bisa menghadapi kenyataan atau realitas. Abnormal adalah lari atau tidak bisa menghadapi realitas, orang yang tidak sesuai dengan keadaan normal atau seimbang.


E. Konsepsi Yang Salah Mengenai Hygiene Mental
Konsepsi adalah pandangan, data, hal-hal yang mengenai pendapat, bentuk. Diantara konsepsi yang salah mengenai hygiene mental adalah:
1. Penyakit mental adalah herediter, merupakan penyakit warisan atau keturunan
2. Penyakit mental tidak bisa disembuhkan
3. Penyakit mental timbul secara tiba-tiba
4. Penyakit mental adalah satu noda hitam
5. Penyakit mental adalah satu peristiwa tunggal. Penyakit mental bukan peristiwa yang tunggal, ia diakibatkan oleh: tekanan fruktasi stress depresi gila atau psikopat.
6. Seks merupakan sebab dari timbulnya penyakit mentall
Sebab-sebab kensepsi salah adalah: sejarahnya sejak zaman nenek moyang yang memeluk kepercayaan animisme (percaya pada roh-roh), mereka menganggap bahwa penyakit mental itu disebabkan oleh roh-roh jahat, jin, dan setan. Penyakit mental juga dikatakan sebagai noda hitam yaitu akibat dari dosa, karma, kesalahan-kesalahan, dan lain-lain. Lalu memasuki zaman naturalisme, zaman ini memperbaiki pendangan-pandangan yang salah tersebut.
F. Sejarah Gerakan Hygiene Mental
Sejarah adalah kronologis masalah dan ia dapat dipelajari. Kronologis (urutan masa lalu) mempelajari tentang waktu (peristiwa-peristiwa), manusia (tokohnya), gagasan (pola pikir), dan bangsa (asal Negara).
Konsep sejarah: 1. Cara, yaitu cara menangani.
2. Nama, yaitu siapa orang yang mencetusnya.
3. Tujuan
4. Pendirian, bagaimana pendirian dari masa kemasanya.
5. Perkembangan, Dorothea Dix mengubah cara pikir atau memprogram
kembali.
6. Perawatan, pemahaman.
Sejarah hygiene mental sangat penting, karena program-program dan sejarah bisa dijadikan pelajaran. Sejarah hygiene mental adalah sebagai berikut.
- Animisme yaitu percaya pada roh-roh, zaman ini menganggap bahwa penyakit mental dikarenakan oleh kutukan roh-roh jahat, dan lain-lain.pengobatan satu-satunya adalah dibunuh, hal ini sangat tidak manusiawi.
- Naturalisme yaitu zaman yang mulai berkembang dengan memanfaatkan pandangan pada zaman animisme, yaitu dengan mengubah dari yang tidak manusiawi ke menusia dimanusiakan. Zaman naturalisme ini menganggap bahwa penyakit mental itu disebabkan oleh alam, cara mengobati penyakit mental dengan human (kemanusiaan).
- Zaman Ilmiah, zaman ini pemikiran manusia mulai maju, dibuktikan dengan cara dirawat terhadap orang yang terkena penyakit mental. Dix selama 12 tahun mengubah pandangan mengenai Hygiene mental melalui penyuluhan, seminar, dan lain-lain.
Yang memberikan nama Hygiene mental adalah Adolf Meyer berdasarkan Chiford Witinghon Beers dan didukung oleh James.
Sejarah hygiene mental dalam islam: Al-Ghazali mengungkapkan bahwa orang yang sehat mental adalah orang yang baik dalam pandangan Tuhan. Jadi agar kita senantiasa menjadi manusia yang bermental sehat, maka cara mengobatinya adalah dengan cara bertaubat, lalu berzikir, karena zikir itu akan membuat hati menjadi tenang. Al-Ghazali menggungkapkan bahwa orang yang sakit mentalnya adalah orang bermasalah dengan Tuhannya.
G. Karakteristik Mental Yang Sehat
Karakteristik adalah ciri-ciri, bentuk, keadaan. Karakteristik ini berguna untuk memahami dan mengetahui bagaimana ciri dari mental yang sehat. Karakteristik mental yang sehat adalah:
1. Terhindar dari penyakit jiwa, hidup jauh dari alam bawah sadar.
2. Dapat menyesuaikan diri, mampu memenuhi kebutuhan.
3. Dapat memanfaatkan potensi
4. Dapat tercapai kebahagiaan pribadi dan orang lain.
Perbedaan Neurosa dan Psikosa.
Neurosa adalah ganguan jiwa, belum keluar dari dunianya, dan program diri masih ada. Contohnya: stres, depresi. Sedangkan psikosa adalah penyakit jiwa, yang mana ia sudah keluar dari dunianya atau mempunyai alam sendiri. Cara mengobati psikosa yaitu perlu di rawat, contohnya gila.
Didalam jiwa manusia terdapat alam sadar dan alam bawah sadar. Alam sadar adalah alam yang bersifat logika, ilmiah, analistis. Sedangkan alam bawah sadar adalah salam yang bersifat pengalaman, kekecewaan, moral, ketakutan, keyakinan. Apabila orang yang jauh dari alam sadar dan alam bawah sadar atau keluar dari alam tersebut maka akan mengakibatkan penyakit jiwa, seperti gila. Orang yang bermental sehat yaitu orang yang seimbang antara alam sadar dan alam bawah sadarnya, seperti jika ada perngalaman buruk maka akan dijadikan pelajaran, sedangkan orang yang mentalnya tidak sehat, maka pengalaman itu dijadikan sebagai balas dendam.
H. Pengertian Penyesuaian Diri
Penyesuaian diri adalah suatu pengertian yang pada dasarnya diambil dari biolog yang dibuat oleh teori Carlis Darwin, bahwa makhluk hidup berusaha untuk menyesuaikan dirinya dengan alam tempet dia hidup agar tetap hidup. Penyesuaian diri dalam kesehantan mental meliputi tiga hal, yaitu:
1. Gejala masalah yaitu mengkaji neurosis, psikosis, dan lain-lain.
2. Respon masalah yaitu mengkaji normal, Abnormal
3. Jenis atau bentuk masalah yaitu mengkaji personal, sosial, keluarga.
Peyesuaian mental adalah suatu respon yang diberikan dalam memenuhi kebutuhan dan mengatasi suatu masalah ketegangan frustasi secara sukses, sehingga timbul keharmonisan antara dirinya dan lingkungan keluarga.
Kematangan jiwa adalah proses yang saling sambung menyambung, tidak berhenti dan saling membantu untuk meningkatkan penyesuaian diri terhadap tuntunan hidup dengan situasinya. Orang yang matang jiwanya mempunyai sifat, yaitu:
1. Pandai menggunakan waktu luangnya
2. Memjadi pemimpin bagi dirinya
3. Bekerja untuk kepentingan kelompok
4. Mengetahui kemampuan dirinya
5. Menerima orang lain
6. Optimis dalam hidup
7. Memahami dirinya
Penyasuaian diri yang sehat yaitu telah mampu menghadapi kesukaran dengan cara objektig serta berpengaruh untuk hidup dan selalu menikmati kehidupan yang stabi, tenang, merasa senang, tertarik untuk berkerja dan berprestasi. Penampilan jiwa yang sehat dapat diambil:
1. Ketengan jiwa
2. Kemampuan bekerja
3. Gejala jasmani
4. Konsepsi tentang diri
5. Menerima diri dan menerima orang lauin
6. Membuat tujuan
7. Kemampuan mengendalikan diri dan memikul tanggung jawab
8. Mampu membuat hubungananyang didasarkan atas saling mempercayai
9. Kesanggupa berkorban dan memberikan pelayanan terhadap orang lain
10. Perasaan bahagia
Penyesuaian normal adalah kemampuan penyesuaian diri secara sehat, yaitu kemampuan seseorang dalam merespon kebutuhan dan hakikat manusia. Bisa dikatakan penyesuaian normal apabila:
- Jika tidak ada konflik, tekanan, ketegangan
- Bisa merespon kebutuhan atau masalah secara positif dan baik
- Direspon dengan cara yang baik dan sehat
Penyesuian abnormal adalah kemampuan penesuan dirinya secara tidak sehat, sehingga tidak bisa merespon kebutuhan dan hakikat manusia. Hal ini disebabkan oleh:
- Mempunyai konflik, ketegangan, tekanan, ketegangan
- Tidak bisa merespon kebutuhan atau masalah secara positif dan baik
- Direspon dengan cara yang tidak baik dan tidak sehat.
Penyesuaian diri abnormal seperti:
1. Bertahan
- konpensasi, yaitu bentuk penyesuain dengan cara bertahan dan mengalihkan. Contohnya jika ada kekecewaan maka dialihkan pada bentuk lain.konpensasi ini ada yang baik dan ada yang tidak baik. Baik jika tidak menganggu dan menyinggung orang lain.
- Sublimasi yaitu mencari pendangan, yang mana apabila gagal dalam suatu hal, maka mengalihkan pada hal-hal yang lain, seperti menghalalkan segala cara.
- Proyeksi, yaitu apabila salah tapi tak mengakuinya, melainkan meleparkan atau mengarahkan pada orang lain.
2. Agresi, yaitu dengan cara menyerang, maksuknya apabila mempunyai masalah tetapi tidak bisa menyelesaikannya, maka akan dilampiaskan dengan marah pada orang lain.
3. Melarikan diri, maksud melarikan diri disini adalah lari dari kenyataan, tidak sanggup menghadapi dirinya sendiri, apabila ada masalah maka ia berfantasi, seperti tidur berlebihan.

I. Prinsip-Prinsip Hygiene Mental
1. Pengertian Prinsip Kesehatan Mental
Prinsip dalam kamus bahasa Indonesia berarti dasar, asas, (kebenaran yang menjadi dasar pokok berfikir, bertindak dan sebagainya). Prinsip hygiene mental adalah dasar-dasar yang menjadi pegangan dalam pelaksanaan untuk mencegah timbulnya ganguan mental atau jiwa dan emosi agar terbentuk manusia yang memiliki mental yang sehat.
2. Prinsip-Prinsip Kesehatan Mental
Prinsip-prinsip kesehatan mental adalah sebagai berikut:
1. Terpenuhi kebutuhan-kebutuhan pokok (inti)
Yaitu terpenuhi kebutuhan pokok, baik kebutuhan organis yaitu jasmani (makan, minum, dorongan seksual) dan rohani (kaasih sayang, ketuhanan, rasa aman), maupun kebutuhan sosial. Apabila kebutuhan ini tak terpenuhi maka akan mengakibatkan sakit mental. Ketegangan cenderung turun jika kebutuhan-kebutuhan terpenuhi, dan cenderung naik atau makin banyak jika kebutuhankebutuhan tak terpenuhi, seperti mengalami fruktasi atau hambatan-hambatan.
2. Kepuasan
Semua orang menginginkan kepuasan, baik bersifat jasmani maupun rohani. Manusia ingin puas dalam segala bidang, lalu timbul Sence of Importancy dan Sence of Mastery (kesadarannilai dirinya dan kesadaran penguasaannya) yang akan memberi rasa aman, senang, puas dan bahagia.
3. Posisi dan status sosial
Setiap individu selalu mencari posisi dan status sosial dalam lingkungannya. Apabila individu itu telah mendapatkan posisi dan status sosial dalam lingkungannya maka akan menimbulkan rasa simpati, aman, optimis, bergairah, menumbuhkan keberanian dan harapan untuk menghadapi masa yang akan datang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar